TRAVELLING ALA BALQIS

PURBALINGGA YANG MEMPESONA

Assalamualaikum teman-teman alhamdulillah akhirnya bisa bercerita kembali di blog yang masih banyak kurangnya ini. Hari ini nisa bakal cerita perjalanan kemarin ke Purbalingga, Jawa Tengah. Jadi trip kali ini dimulai dari Kota Tegal, Jawa Tengah menuju Purbalingga dengan menggunakan sepeda motor. Kenapa pake motor?? kenapa gak pake kereta atau bus. Alasan pertama, karena HEMAT dibandingkan pake kendaraan umum lebih baik pake motor pinjem saudara wkwk.. (makasih yaa bro rudi yang sudah bersedia meminjamkan dan bersedia jadi supir hehe) kalian bisa menggunakan bus dengan harga RP. 50.000 (kalau tidak salah) atau kereta api dengan harga Rp. 90.000. Rute Tegal-Purbalingga di tempuh selama 3 jam 20 menit dengan menggunakan motor, itupun menurut bro rudi terlalu lama biasanya dia tempuh 1,5 jam saja bila sendirian dan gak pake mampir. Hummm kita kan mau jalan-jalan yaa kan jadi harus menikmati perjalanan hehe wajar kalo lama.
Sepanjang perjalanan rasanya terus merasa kagum atas ciptaan Allah yang benar-benar indah juga menenangkan pikiran, pohon-pohon tinggi menjulang, rindang menutupi bukit-bukit, rumput-rumput bergoyang bak menyapaku disiang bolong, semilir angin sejuk ahhh ku lepas masker penutup hidung dan ku hirup udara yang melegakan dada. Sungguh nikmat mana lagi yang aku dustakan. Karena bro Rudi sudah hafal sekali dengan perjalanan Tegal-Purbalingga aku hanya tinggal duduk dibelakangnya sembari memainkan handphone memotret sana sini karena tidak ingin ketinggalan momen yang jarang sekali nisa dapat bahkan mungkin tidak ada lagi perjalanan ke Purbalingga. Biasanya setiap berkunjung ke suatu daerah baru, nisa disibukkan membaca google map, naik kendaraan umum kesana kesini, dan kalo kesasar tanya sana sini hehe. Perjalanan kali ini nisa benar-benar dimanjakan dipinjamkan kendaraan, diboncengin, ditraktir makan pula Alhamdulillah wkwk nikmat mana lagi cobaaa... (sekali lagi Thank you bro Rudi hihi.. )
Oke lanjut ke ceritaku. Jadi wisata yang pertama kali dikunjungi ialah

1. WISATA KALI RAMBUT PEMALANG
Wisata ini terletak di Desa Jatinegara, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal atau diujung Timur perbatasan dengan Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan beberapa wahana untuk selfie seperti rumah pohon, kolam berenang anak, jembatan cinta, dan pemandangan alam yang subhanallah bener-bener bagus banget dehh udah gitu udaranya bersih banget cocok buat kamu yang pengen merilekskan pikiran. 







Gimana gengs... bagus kan pemandangannya.. yukk yang pengen liburan dan belom tau mesti kemana coba deh lirik Purbalingga dijamin jatuh hati. asikkk.. hehe

2. MUSEUM PROF. SOEGARDA POERBAKAWATJA
Tempat favorit nisa selanjutnya kalo liburan yaitu ke Museum yeeaahh bermain sambil belajar sejarah dan budaya. entah kenapa suka aja liat benda-benda bersejarah dan peninggalan-peninggalan lainnya berasa main ke masalalu (tapi gak mau kalo masalalu kamu mas ~ehh). hehe.. lokasi Museum Soegarda ini tepat ditikungan Alun-alun Purbalingga Jl. Purbalingga - Klamprok No. 142 Purbalingga Lor. Gedung museum ini bersamaan tempatnya dengan Kantor Walikota dan Perpustakaan Umum Daerah. Berikut foto-fotonya:










3. STADION GOENTOER DARJONO PURBALINGGA
Ihhiiww sambil berlari-lari mengejar yang tak pasti nisa nyamperin Stadion milik warga Purbalingga nih.. letaknya di Jalan Komisaris Noto Sumarsono, Purbalingga Kidul. 




4. TAMAN WISATA PENDIDIKAN  PURBASARI PANCURAN MAS
Taman wisata ini letaknya di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara Purbalingga. lokasinya berada didesa dan jauh dari keramaian kota, suasana ditempat ini tenang banget cocok buat ibu-ibu dan bapak-bapak sambil rekreasi nenangin pikiran dan ngajakin anak main dan belajar. Di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas memiliki wahana rekreasi kolam renang dan water boom, wisata praon atau perahu, taman bermain, kolam terapi ikan, bioskop 3D, Istana Burung,Taman Unggas, Taman Buah naga, Konservasi Rusa, Planet Akuarium Toyoshuka. Harga tiket masuk Rp. 16.000/ orang. 







5. TAMAN REPTIL DAN SERANGGA SANGGALURI PURBALINGGA 
Lokasi tempat wisata yang satu ini ada di Jalan Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Kutasari, Purbalingga. Harga tiket masuk disini murah banget cuma Rp. 10.000 untuk hari biasa kalau hari libur Rp.12.000. Tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana bermain anak diantaranya adalah Istana Balon, Whana mobil mini beserta  jalan raya mini yang dibuat persis jalan raya beserta rambu-rambu lalu lintasnya, wahana kereta mini, Trampolin Raksasa, Flying fox, Rumah kelinci, dan juga ada Taman reptil dan serangga, wahana iptek, museum uang, museum wayang dan artefak, taman sesat, taman batu, labirin kaca, taman burung, rumah gempa, rumah HIV/AIDS, ka'bah. pokoknya super lengkap banget diTaman yang satu ini. Kamu bakal puas banget dimanjakan dengan banyaknya wahana-wahana unik dan seru. kapan-kapan nisa juga pengen balik ahh insyaAllah. hehe.. 













6. MASJID MUHAMMAD CHENG HO
Kalo jalan-jalan ke Purbalingga jangan lupa mampir di Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga yaa temen-temen. Lokasinya di Selaganggeng, Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Menurut beritagar.id Muhammad Cheng Hoo adalah seorang laksamana, dia memimpin armada pelayaran besar yang terkenal. Ia juga seorang panglima perang yang berasal dari Yunnan dan beragama islam. gitu dehh pokoknya baca lengkapnya di beritagar.id. Masjid ini merupakan bentuk akulturasi arsitektur Tiongkok dan Jawa. Sekilas bentuk masjid ini mirip klenteng yaa.. 





Sekian cerita perjalanan kita kali ini sampai ketemu dicerita perjalanan berikutnya dengan berbagai tempat-tempat menarik. See u.. Wassalamualaikum.wr.wb.

Instagram: @annisanurbalq

Komentar

Postingan Populer